Rabu, 09 Januari 2013

Posted by Unknown
No comments | 13.48


Siang sobat...siang2 gini enaknya duduk dipelataran sambil minum jus pukat ditambah  sebatang ji sam soe,,hehehehe..oke sob kali ini saya akan mencoba memposting tentang  Memilih Tempat Kost / Kontrakan Buat Mahasiswa Baru dan Pendatang. Baiklah buat sobat yg ingin kuliah dan tempat kuliah atau kampusnya agak jauh dari rumah tentunya lebih memilih untuk tinggal sendiri kan..?ya meskipun ada kendaraan ngak mungkin juga bolak balik dari kermh setiap hari, kita harus memerhatikan berbagai resikonya,,

Terkadang Masalah yang kita hadapi adalah :
  1. Dari segi kendaraan yang kita kendarai, kendaraan belum tentu semulus yg kita bayangin, alhamdulillah lah kalau kendaraan kita selalu fit dan ready, terkadang disini bagi mahasiswa ada yg terkadang terlupakan,,kendaaraan sering mogok dijalan,,terus ban sepeda motor nya yg bocor / kempes, bahan bakar habis, tali kopling putus,,dan masih banyak lagi masalah kendaraan,,
  2. Masalah yang kedua ini mungkin iya terjadi mungkin bisa tidak,,kena tilang sama polisi atau kena razia dijalan,,disini lah faktor penghambat yang beresiko bagi mahasiswa,,saya melihat dan merasakan kasus tilang menilang banyak terjadi pada kaum pelajar dan mahasiswa, mengapa ini sering terjadi,?ya karena faktor dari kesalahan si pengendara, udah jelas disruh pakai helm dan melengkapi perlengkapan kendaraan eee masih nakal ya kena tilang deh akibatnya,,nah ketika seorang mahasiswa tersebut kena tilang akan jadi penghambat untuk beraktifitas ke kampus
  3. Masalah yang ketiga yaitu : masalah cuaca dan iklim,,kita tidak bisa menerka atau memprediksi tentang cuaca, apakah cuaca itu selalu baik atau sebaliknya..contohnya : Hujan , ya syukur lah ketika cuaca lagi bersahabat bisa jalan dengan mulus tanpa kehujanan,,kalau cuaca lagi musim hujan gimana..??kan repot harus nunggu hujan teduh dan berteduh di suatu tempat yg bisa kita tempati untuk berteduh,,untung kalau hujan nya cepat reda kalau sampai berjam2 gmn..??bisa2 telat kuliah dan pada akhirnya kuliah jadi bolos,,disini saya lihat terkadang mahasiswa banyak yg malu atau gengsi bawa persediaan jas hujan / mantel itu sendiri,,pepatah kan udah ada  " Sedia Payung Sebelum Hujan" yang namanya sedia kan bearti kita disruh bersiap2 kalau akan terjadi sesuatu..kenapa mesti malu atau gengsi harus membawa jas hujan,,ini kan sangat berguna bagi kita..
  4. Masalah keempat adalah : Perlengkapan kuliah ada yg ketinggalan dirumah..bisa ngebayangin ngak ketika kita nyampai dikampus eee ternyata tugas kuliah ketinggalan dirumah,,,?waduhhh capekk dahhhh,,dosen udah datang dan disuruh kumpulin tugas,,kita mau ngapain lagi,,ya untung dosen nya baik disuruh kummpulin pertemuan selanjutnya,,kalau dosen killer..??jangan ditanya lagi deh,,paling dia cuma bilang,,silahkan kumpulin aja semeseter depann...saya masih ada membuka kuliah ini / SKS ini..mampussssss....siapa juga yg mau ngulang mata kuliah hanya gara2 ketinggalan tugas..jalan satunya yg timbul dibenak kita adalah memohon dan jemput tugas itu kerumah..masalahnya yang berat adalah ; berapa jauh jarak rumahdengan kampus..??kalau cuma 2-3 kilometer ngak apa2..gmn kalau sampai 10-15 kilometer..??udah 30 KM perjalan kita dari pagi dan ditambah 15 kilo meter lagi disaat pulang,,kan repot dan capek jadinya..
  5. Masalah kelima ini berdasarkan angka kecelakaan di Indonesia meningkat,,disini msalah terberatnya,,ugal2an dijalan,,ngebut,,ngetrak sama teman..ini hal yg biasa kita lihat dari kaum intelektual zaman sekarang..kembali ke masalah yg keempat diatas,,ketika kita disuruh jemput tugas yg ketinggalan  atau mau jemput sesuatu dirumah,,pada dasarnya pikiran lagi kacau dan bimbang,,otomatis kiat berfikir gimana supaya cepat menyelesaikan segala urusan yg terkait yg menyangkut dengan masa depan,,ketika pikiran lagi kacau..kita sering melupakan keselamatan..laju kendaraan yg cepat dan kencang,,nyelip sana sini,kiri kanan,,syukur2 kalau selamat sampai tujuan,,jika terjadi kecelakaan bisa2 urusan tambah panjang brooo...kalau jatuh sendiri ngak pa2 itupun kalau baik2 saja,,kalau luka2 atau patah sampai masuk Rs..?? kalau kita nabrak orang..??atau kita ketabarak orang..??begitu banyak broo yg harus dipertimbangkan..saya punya cerita duka yg mendalam waktu kuliah dulu..teman dekat/akrab saya sewaktu kuliah,,beliau sangat baik,,jujur,,mudah senyum dan tidak mudah tersinggung sekalipun dia di olok2kan sama teman2 yg lainnya,,semua orang senang bergaul dengannya,,tapi malang sekejap mata,,untung sepanjang jalan,,takdir berkata lain..ketika dia hendak pergi kuliah kekampus waktu itu sedang ada Ujian Akhir Semester..kebetulan juga almarhum bertempat tinggal agak jauh dari kampus..ketika dia mau berangkat pergi kekampus..kira2 tinggal 500 meter lagi dia nyampai dikampus,, namun naas sepeda motor yg dia kendarai disenggol sama mobil truk muatan batu,,almarhum meninggal dunia ditempat dengan kondisi yang tak wajar..kepala nya hancur berantakan dijalan karena terlindas ban truk tesebut dan mahasiswa lain pun turun kejalan menyelamatkan mayat almarhum..disaat itu saya tidak dapat berkata apa2 lagi,,hanya kesedihan dan tetes air mata yg mengalir melihat kepergian dia seperti itu,,selamat jalan teman..:'( berdasarkan informasi disaat itu dia sedikit ngebut karena sedikit terlambat..nah dari cerita duka ini dapat saya simpulkan bahwa resiko untuk bertempat tinggal jauh dari kampus sangat besar..semoga dari ceirta duka ini dapat jadi pelajaran bagi kita semua tentang resiko2 nya..
Dari bebagai  ulasan tentang masalah yang kita hadapi ketika tempat tinggal jauh dari kampus maka saya memberikan solusi dan tip buat anda yg kuliah atau berstatus mahasiswa yg bertempat tinggal masih jauh dari kampus...

Mahasiswa disuatu Universitas pada suatu daerah tergolong berbagai macam..ada mahasiswa dengan asli daerah tempat Universitas tersebut dan ada yang pendatang ( daerah lain ).
Pada saat ini saya tidak hanya membicarakan untuk mahasiswa pendatang..tapi juga mahasiswa domisili,,

Umumnya bagi mahasiswa pendatang pergi kuliah ke suatu Universitas banayak sekali yang membicarakan masalah tempat tinggal,,kalau mahasiswa tersebut memiliki karib kerabat sanak famili dia bisa tinggal dirumah famili..bagaimana dengan yg hanya tinggal sendiri atau ngontrak/kost2an sendiri..??
Nah,,untuk sekedar tips dari saya anda baca tips dari saya ini,,semoga bisa membantu dan sukses dalam menjalankan aktifitas Kampus..

Memilih Tempat Kost/Kontrakan Buat Mahasiswa Baru dan Pendatang :
  1. Ketika anda datang ke suatu daerah dimana disana anda akan menggali ilmu dengan kuliah di suatu Universitas,,bagi mahasiswa pendatang (luar) tentunya hal yg utama yg dipikirkan adalah lokasi kampus dan dimana akan bertempat tinggal..???tips dari saya yaitu : Setelah anda mengetahui dimana anda akan kuliah/kampusnya seterusnya anda pikirkan dimana lokasi tempat anda tinggal yang baik dan aman,,
  2. Setelah anda menemukan lokasi tempat tinggal yang pas anda yang carilah informasi kepada masyarakat setempat tentang orang2 yang menyediakan kost2an / kontrakan..
  3. Lapor kepada RT/RW setempat bahwa kita pendatang mahasiswa Universitas ini.
  4. Hubungi dan temui lah sipemilik kost / kontrakan..
  5. Berbicara dengan baik dan sopan
  6. Sekedar masukan jaga tata krama dan kerahaman..kan anda seorang mahasiswa,,jadi perlihatkan bagaimana sikap kita terhadap masyarakat.
  7. Tanyakan aturan dan peraturan kalau kita mau nyewa rumahnya..
  8. Tanyakan harga dan nego kalau diizinkan.
  9. Jangan lupa tanyakan juga situasi dan kondisi lingkungan setempat.apakah rawan tindak kriminal atau bukan..contohnya : sering terjadi kemalingan, perkelahian, daerah rawan judi dan tempat maksiat,atau dearah sarang narkoba.
  10. Lihat fasilitas rumah yang dia berikan/sediakan.
  11. Bagaimana listrik dan air. ini termasuk MCK, (Mandi , Cuci , Kakus ) apakah airnya bersih dan bebas kuman.
  12. Kalau bisa Terhindar dari pencemaran lingkungan seperti pabrik,,ini nanti akan menggangu kita saat bertempat tinggal.
  13. Lihat di sekitar terdapat warung2 atau mini market untuk membeli berbagai keperluan nantinya.
  14. Perhitungkan jarak kampus dengan rumah,
  15. Perhatikan kenyamanan tempat tinggal..misalnya : bebas banjir, limbah pabrik, peternakan, dan lain-lain.
  16. Kondisikan garase / tempat atau sejenisnya buat mobil atau sepeda motor kalau anda memiliki kendaraan.
  17. setelah semua telah anda perhatikan,,langkah selanjutnya bergaulah dengan masyarakat sekitar atau tetangga
  18. Jalin hubungan baik sesama teman se kost / sekontrakan jangan ada perselisihan antar kita sesama mahasiswa ditempat tinggal yg sama.
  19. Buatlah semacam oranisasi kecil2an didlam rumah seperti siapa yg bertanggung jawab untuk pembayaran sewa ataupun listrik dan air / tlp.
  20. Jangan membawa teman perempuan / pacar / perek ke dalam rumah jika termasuk ke dalam aturan sang pemilik.
  21. Hindari teman yang suka narkoba ataupun teman dari teman serumah dengan kita,,kapan perlu bisa kita mengingatkan dan menesehatinya.
  22. Buatlah jadwal goro bersama sesama teman dirmh.
  23. Kalau kita serumah bearti kita adalah bersaudara,,jangan pelit dan berdiam diri saja..lakukanlah interaksi sosial sesama kita,,misalnya datang kiriman dari kampung,berbagi sesama teman.
  24. Selalu perhatikan kenyamanan
  25. Terkahir TERSERAH ANDA..!!! semoga kenyamanan anda bertempat tinggal dalam mencari ilmu dan berkuliah dapat terjaga..
Setelah saya bahas tentang Memilih Tempat Kost / Kontrakan Buat Mahasiswa Baru dan Pendatang sekarang saya akan berikan penjelasan tentang " Kelebihan dan Kekurangan Kost / Kontrakan ". Tentunya dengan kita kost/ ngontrak tidak lepas dari beberapa kelebihan dan kekurangannya.
Berikut penjelasannya :

Kelebihan Kost / Kontrakan.
  1. Kita lebih fokus terhadap kuliah
  2. Pastinya hidup mandiri.
  3. Jauh dari orang tua
  4. Melatih kreatifitas
  5. Dapat merasakan yang namanya hidup merantau itu.
  6. Lebih dewasa mengambil suatu keputusan
  7. Apabila ada tugas ketinggalan tidak repot mesti jemput jauh2
  8. Ketika dosen menunda jam kuliah bisa tiduran dirumah sambil nonton TV
  9. Informasi dari kampus sangat cepat kita mengetahui
  10. Dapat melakukan aktifitas dikampus setelah jam kuliah selesai misalnya : bermain bola dilapangan bola kampus, fitnes, dan lain - lainya.
  11. Ketika kita diperlukan teman sangat mudah untuk dicari, itupun kalau anda sedang dirumah
  12. Ketika hujan kita tidak perlu kuatir akan kehujanan,,kan dekat dari kampus..:)
Kekurangann Kost / Kontrakan
  1. Sering malas malasan dirumah
  2. Sensitif terhadap terpengaruh lingkungan
  3. Kalau datang malasnya sering bolos kuliah
  4. Adanya tangan tangan jahil dari teman dari teman serumah,,misalnya kehilangan barang beharga
  5. Kalau lagi kangen sama masakan orang tua dirumah ya terpaksa harus bilang sabar dulu.
  6. Kalau kiriman lagi macet malah ngutang kesana kesini
  7. Makan apa adanya kalau ngak ada sambal ya mie..hihhih
  8. Kalau sakit ditanggung sendiri.walaupun ada teman yg nemanin tapi perhatianya tidak perhatian orang tua loo..ya pastinya broo,,
  9. Teman pada pulang kampung tinggal sendirian selama teman dikampung,
  10. Pola Hidup kurang teratur
  11. Sering terjadi pergaulan bebas
  12. Rasa takut yang mendalam
Nah ,,, demikianlah pejelasan dari saya tentang Memilih Tempat Kost/Kontrakan Buat Mahasiswa Baru dan Pendatang . Semoga dengan adanya tips dari saya dapat membantu anda sebagai mahasiswa baru / pendatang untuk melakasanakan proses belajar mengajar dibangku kuliah. Jika anda merasa artikel saya ini bermanfaat silahkan tinggalkan komentar dan berikan masukan demi kemajuan blog ini..Sukses selalu dan jadilah kaum intelektual yang profeional dan berwawasan demi kemajuan negeri ini.Salam Blogger,!!TERIMAKASIH








0 komentar:

Posting Komentar

Text Widget

Unordered List