Sabtu, 17 November 2012

Posted by Unknown
No comments | 13.55
Tips cara memasang meta tag deskripsi di blogspot (update terbaru) - sebelum ane berbicara banyak tentang cara memasang meta tag deskripsi di blogspot alangkah baiknya jika agan mengetahui dulu apa fungsi sebenarnya dari meta tag deskripsi. Meta  tag  description  yaitu sebuah meta tags yang amat perlu untuk blog, apalagi kini barangkali jadi salah satu meta tag yang mempunyai bobot besar untuk search engine. meta description berperan jadi alat informasi yang mendeskripsikan isi halaman dari sebuah blog. meta deskripsi ini juga jadi bagian dari snippet deskripsi dari hasil pencarian google.
Oleh karenanya, tips cara memasang meta tag deskripsi di blogspot akan menambah kemampuan SEO blog di search engine, atau sekurang-kurangnya jadi alat untuk blog untuk menarik pengunjung dari search engine. barangkali sebagian rekan-rekan blogger telah ada yang tahu tentang fitur ini, di mana blogger/blogspot sudah memberi tambahan fitur terbarunya yakni tehnik atau cara terbaru saat  memasang meta tag deskripsi di blogspot, kini kita tak perlu repot-repot lagi bikin meta deskripsi mengedit template, atau masuk pada ubah html pada menu design / rancangan.

Seperti yang sudah ane katakan diatas, ini salah satu fitur terbaru dari blogger, di mana untuk seorang blogger pemula amat gampang memakai fitur terbaru ini. ada dua macam meta tag deskripsi yang akan ane bagikan saat ini ; yang ke-1 yaitu memasang meta tag deskripsi di blogspot pada bagian homepage dan yang ke-2  memasang meta tag deskripsi di blogspot pada setiap halaman postingan atau individual post blog. di sini ane memakai penampilan baru dasbor blogger.

Mari kita mulai saja tips seo blog di bawah ini.

A. Tips cara memasang meta tag deskripsi di blogspot pada bagian homepage

sebelumnya saat belum ada fitur search preferences yang bisa diatur dengan gampang lewat dashboard blogspot, kita harus  memasang meta tag deskripsi dengan cara manual :
< meta name='description' content='deskripsi konten/halaman blog' />

namun kini tak perlu lagi, lantaran fitur meta tag deskripsi bisa dengan gampang dibuka lewat halaman settings.

1. Buka Dashboard > Setelan
2. Preferensi Penelusuran
3. Lihat Pada bagian Meta Tags > Uraian/Description
4. Klik "Edit".
5. Pada opsi Aktifkan uraian penelusuran? Pilih "Ya".
6. Akan tampil content box seperti dibawah ini:
meta tag deskripsi di blogspot pada bagian homepage
7. Isikan deskripsi blog agan  pada form yang tersedia. ingat, maksimal cuma 150 karakter, optimalkan pemakaian kalimat se-efisien mungkin. lalu save changes / simpan perubahan.

B. Tips cara memasang meta tag deskripsi di blogspot pada setiap halaman postingan
Mari kita kembali lagi ke masa lalu, blogspot tidak mempunyai fitur meta description pada setiap halaman postingan blog, hingga untuk memasang meta tag deskripsi di blogspot pada setiap halaman postingan, kita harus memakai andalan tag B if dan else. hingga terbayang bukan hanya baris-baris meta description di template xml blog sedemikian panjang lantaran terdiri dari meta tag deskripsi pada setiap postingan, bila ada halaman postingan dengan jumlah 100 karakter, jadi akan ada 100 meta description unik di template blogspot.
Namun sekarang sudah tidak ada lagi hal yang seperti itu, karena ada fitur baru untuk fitur  memasang meta tag deskripsi, sekarang pada setiap halaman postingan blog bisa diberi deskripsi unik, hingga menambah kemampuan seo-nya, caranya sebagai berikut: 

1. Sebelum agan memakai fitur search description ini, syaratnya agan harus mengakftifkan terlebih dulu fitur meta description layaknya seperti cara diatas.
2. Sesudah diaktifkan, buka halaman postingan editor ( layaknya saat bikin postingan baru ).
3. Sekarang agan lihat ke sebelah kanan pada post settings, akan ada lebih dari satu panel.
4. Bila setting meta description sudah diaktifkan ( enable ) layaknya cara diatas, jadi akan nampak satu fitur lagi, search description, deskripsi pencarian, yang bukan hanya lain yaitu fitur untuk memberi tambahan meta deskripsi unik pada setiap halaman postingan blogspot. lihat gambar tersebut :
meta tag deskripsi di blogspot pada setiap halaman postingan
5. Agan hanya tinggal memasukan deskripsi postingan  pada kotak yang ada. terus simpan.
Agan bisa melakukan langkah diatas saat pada saat membuat postingan baru atau saat mengedit postingan lama untuk memberi tambahan deskripsi. 
Saat ini agan sudah tahu dan mempunyai meta description unik pada setiap halaman postingan blog. Namun masih ada satu catatan lagi : meta description, harus mempunyai isi yang betul-betul deskriptif, hingga pengunjung yang melihatnya tidak kebingungan dan justru tidak jadi masuk ke blog agan. jadi, ada beberapa tips cara memasang meta tag deskripsi di blogspot agar lebih seo friendly, baik untuk search engine ataupun untuk user/ pengunjung.
C. Tips cara memasang meta tag deskripsi di blogspot agar lebih seo friendly
1. meta description sebaiknya diisi kata-kata, bukan hanya frase atau kata kunci (keyword) tanpa dapat dipahami maknanya oleh pengunjung. meta description yaitu yang ditampilkan jadi snippet deskripsi dibawah judul content. pakai kata-kata jelas dan usahakan bisa merayu pengunjung untuk lakukan klik. meta description adalah alat ampuh untuk menambah traffic sebuah blog bila dipakai dengan benar.
2. mencermati kata kunci (keyword) yang dipakai amat perlu, tetapi baiknya janganlah membanjiri deskripsi dengan kata kunci (keyword) saja, lantaran membingungkan pengunjung dan justru dapat dikira jadi spam oleh google. ane kerap lihat deskripsi sengaja dibikin menggunakan tag : page title - blog name - page title, yang membuahkan judul blog - nama blog - judul blog, ini justru bisa merugikan blog lantaran tidak deskriptif, terdapat pengulangan kata yang tidak perlu, dan pastinya, spammy !
3. jumlah karakter yang terdapat di search snippet kini makin berkurang, dulu karakter deskripsi dapat meraih 160 karakter. namun kini hanya dibawah jumlah itu. apalagi untuk berjaga-jaga, baiknya deskripsi mempunyai karakter tidak melebihi dari 140 karakter ( mengingat kini snippet tanggal juga ditampilkan ).

Sampai disini dulu untuk tips cara memasang meta tag deskripsi di blogspot (update terbaru) saya harap ini akan berguna untuk agan semuanya jika ada salah kata atau yang kurang berkenan di hati ane mohon maaf karena sekali lagi ane hanya seorang nawbi yang berusaha untuk berbagi, ane juga saat ini masih terus belajar untuk mencari agar sebuah blog lebih SEO di mata google. insyallah jika ane punya pengetahuan baru ane bakalan sharing disini.

0 komentar:

Posting Komentar

Text Widget

Unordered List