Kamis, 29 November 2012

Posted by Rudi Angkawijaya
No comments | 11.46
Sobat blogger pada postingan perdana ini saya ingin mencoba dan berbagi ilmu tentang bagaimana cara merawat sepeda motor Rx-king dan sejarah adanya sepeda motor.Berhubung saya sangat menyukai sepeda motor jadi saya terinspirasi dan ingin mencoba berbagi ilmu dengan sobat blogger tentang bagaimana cara merawat motor "Rx-King",mengapa saya ingin membahas cara merawat sepeda motor Rx-King dikarenakan saya punya dan sangat sayang banget sama tu Rx-King.Ibaratnya Rx-king itu adalah hidup saya..hehehehehe..kayak ngungkapin perasaan sama cewek aja ya,,ya memang kayak gitulah adanya dan yang saya rasakan. Sejak saya duduk disekolah dasar sampai sekarang saya sangat suka sekali yang namanya Rx-king.Rx-king sepeda motornya lelaki sob namanya aja Rx-King. Kalau menurut Orang tua saya Rx-king tu artinya Raja nya sepeda motor..hahahahah sama kayak singa siraja rimba.Rk-king motornya para lelaki,motornya lelaki sejati karena tampilan nya yg dinamis dan jantan.Nah dari situlah saya sangat menyukai rx-king.Selain lari nya kencang alias ngebut dan tampilan nya ngak kalah ketinggalan sama sepeda motor lainnya.Emang sih banyak yg bilang Rx-king motor nya buat jambret..tpi jangan salah2 buat boncengin cewek juga oke,,bbm juga ngak boros2 amat..onderdilnya palagi..ha..
  
Yaudah langsung aja ke topik nya,kalau diceritaain sampai habis sobat jadi bosan lg baca nya,,Mungkin pada blog2 lain sudah banyak membahas dan mengupas tentang cara perawatan sepeda motor khususnya Rx-king.
Sebelum kita membahas tentang bagaimana cara merawat sepeda motor Rx-king alangkah baiknya kita bahas sedikit apa itu sepeda motor.? Saya rasa siapa yang tidak tahu dengan sepeda motor..Pasti semua orang tahu apa itu sepeda motor..baiklah saya akan menjelaskan apa pegertian sepeda motor.tetapi sebelum saya menjelaskan pengertian sepeda motor saya akan mejelaskan sedikit tentang Sejarah sepeda motor itu sendiri.

Sepeda motor pertama di buat oleh ahli mesin Jerman Gottlieb Daimler tahun 1885 ketika dia memasang sebuah mesin dengan pembakaran sempurna pada sebuah sepeda kayu yang dia desain sendiri. Sepeda tersebut memiliki empat roda, termasuk dua roda tambahan (seperti roda pada sepeda anak-anak).

Putra Daimler menjadi orang pertama yang mengendarai sepeda motor ketika dia mencoba kreasi ayahnya tersebut pada tanggal 10 November 1885 dengan kecepatan mendekati 10Kpj.

Beberapa model sepeda motor kemudian di perkenalkan di Jerman, Perancis dan Inggris dengan fokus pengembangan pada kepraktisannya sebagai alat transportasi.

Tahun 1903, Arthur Davidson dan saudaranya Walter bersama tetangganya William Harley membuat motor Harley-Davidson yang pertama. Setahun kemudian mereka mulai memproduksi sepeda motor untuk di jual. Tahun 1909 Harley-Davidson mengenalkan mesin V-Twin yang pertama, yang memiliki dua silinder dengan konfigurasi seperti huruf “V”. Mesin tersebut memiliki suara yang besar, bergemuruh dan terkesan jantan, tak lama mesin tersebut menjadi mesin Amerika klasik.

Selama tahun 1914, bentuk dasar dari sepeda motor modern mulai terbentuk. Bentuk tersebut meliputi peletakan mesin di antara roda depan dan belakang dan sebuah rantai untuk mentransger tenaga dari mesin ke roda belakang.

Selama PD I (1914-1918), sepeda motor terbukti sebagai sarana transportasi yang tangguh bagi militer Amerika dan Eropa, mampu mengurangi beban jalan raya dan mampu membawa alat komunikasi jauh lebih ke depan garis pertempuran. Sesudah perang, penggunaan sepeda motor menyebar luas ke Eropa dan Amerika.


Sampai tahun 1950-an, kebanyakan sepeda motor di Amerika utara di produksi oleh Harley-Davidson atau oleh perusahaan Inggris seperti Birmingham Small Arms Company (BSA), Norton, dan Triumph.


Periode 1960 dan 1970, perusahaan Jepang seperti Honda, Kawasaki, Suzuki, dan Yamaha, mulai memperkenalkan sepeda motor dengan pengembangan pada mesin dan suspensi dan mereka mampu bersaing dengan produsen motor yang sudak lebih dulu ada. Kelak, sepeda motor dengan mesin 4 langkah 750 sampai 1200 cc yang bertenaga besar produksi mereka akan mendominasi pasar sepeda motor jalan raya, sementara mesin 2 langkah yang ber-cc 250 sampai 500 akan menguasai pasar sepeda motor off-road..
Nah begitulah sejarah dari sepeda motor


Sepeda motor dizaman sekarang sudah tak asing lagi di telinga warga negara Indonesia khususnya,,,memang sepeda motor sangat berguna sekali dalam kehidupan kita sehari-hari,dengan adanya sepeda motor semua urusan dan kepentingan kita sehari-hari dapat berjalan lancar,,banyak fungsi dan manfaat sepeda motor,selain untuk gaya atau style ada juga untuk keperluan bisnis seperti ngojek,cateran,dan lain-lain..Sepeda motor terkadang sudah tak jadi barang mewah lagi disaat sekarang,sama halnya dengan kemajuan komunikasi yaitu handphone,begitu juga sepeda motor.Dengan kemajuan dan perkembagan zaman sepeda motor diproduksi dengan banyak,,banyak sekali pabrikan sepeda motor memproduksi kendaraan roda dua ini.

Sepeda motor pengertian nya adalah Sebuah sepeda motor adalah kendaraan beroda dua yang ditenagai oleh sebuah mesin. Rodanya sebaris dan pada kecepatan tinggi sepeda motor tetap tidak terbalik dan stabil disebabkan oleh gaya giroskopik; pada kecepatan rendah pengaturan berkelanjutan setangnya oleh pengendara memberikan kestabilan.Untuk lebih lengkapnya lihat sumbernya disini.

Pertama kita membeli sepeda motor baru tentunya kita dibekali perlengkapan di sepeda motor itu sendiri yaitu : perlengkapan fisik,spion,lampu,klakson,helm dan surat-surat,dan lainnya.kita harus melengkapi semua perlengkapan itu supaya terhindar dari berbagai masalah,,masalah2 itu bisa ditimbulkan dari sipemilik dan masalah alam.
Dari masalah pemilik yaitu ketika sepeda motor itu tidak lengkap contohnya tidak memakai kaca spion atau helm,ini bisa berakibat fatal bagi pengendara,akibatnya bisa terjadi kecelakaan dan lainnya..tingkat kecelakaan di indonesia sendiri sangat meningkat tiap tahunnya dikarenakan oleh kesalahan sipengendara

 Oke,penjelasan tentang sepeda motor saya rasa cukup sampai disini,,
tentu timbul pertanyaan bagaimana cara merawat Sepeda motor Rx-King itu sendiri,,??mari kita simak penjelasan dibawah ini :
 
MERAWAT YAMAHA RX-KING
Sejak tahun 1980-an kuda besi ini terus mendominasi bursa sepeda motor kelas sport dua lngkah. Terbukti dari onsumennya yang selalu seti amenunggu mendapatkan RX-king baru. Konsumen menyukai sang raja karena akselerasi cepat dan larinya kencang. Selain itu desain mesin yang sederhana dan komponennya sedikit, maka perawatan pun menjadi relative mudah.
Namun sejalan dengan pertambahan usia dan masa pemakaian, daya pacunya akan mengalami penurunan. Agar sang raja selalu dalam kondisi prima dan siap, lakukan perawatan berkala,
Berikut langkah-langkah untuk perawatan RX-KING:
Mesin
Mesin RX King memakai dua macam pelumas, yaitu oli mesin dan oli samping. Periksa oli mesin dengan mencabut tangkai plastic lubang oli. Jika ketinggian oli mesin berada dibawah garis MAX ( maksimum), segera tambahkan. Gunakan selalu oli sesuai rekomendasi pabrik. Dalam hal ini, bias memakai oli Yamaha Lube dengan SAE 20W-40W.
Jika tiba waktunya mengganti oli, lakukan sebanyak 650 cc sesuai ketentuan. Ingat jangan lebih. Oli samping jangan sampai kehabisan. Lihat jumlah oli samping dalam tabung. Jika jarum penujuk oli samping ada di batas ½, lebih baik segera tambahkan sampai penuh.
Bahan bakar
Agar mesin tetap menghasilkan tenaga, aliran bahan bakar harus lancer, demikian juga dengan pemantik apinya. Periksa kondisi busi yang bertugas meledakkan percikan api. Jika sudah bewarna kehitaman atau kerusakan, lebih baik diganti dengan jenis standar dari jenis tipe ND 24. Kalau masih bagus, cukup dibersihkan, lalu dipasang kembali.
Campuran bensin ideal disetel dengan memutar sekrup pengatur campuran 1 ¼ sampai 1 ½ putaran ke kiri stelah diputar habis kekanan. Putaran langsam atau idle disetel pada angka 1400 RPM dengan memutar skrup putaran mesin.
Saringan udara
Kebanyaan saringan udara sepeda motor buatan tahun baru-baru sudah tidak menggunakan bahan kertas. Sudah diganti dengan saringan udara dari busa atau foam. Busa atau foam lebih mudah dibersihkan jika kotor dan usianya lebih lama. Sedangkan yang memakai kertas harus diganti jika kotor.
Saringan udara RX-king berbentuk busa segitiga memanjang: periksa kondisinya, jika warna kuning khas busanya sudah mulai menghitam, segera bersihkan. Mencucinya mudah saja, yaitu menggunkan cairan pembersih
Setelah dibersihkan segera buang sisa cairan pembersih. Caranya dengan memijit busa agar sisa air tidak ada. Lalu kibas-kibaskan busa untuk membuang sisa air pembersih. Keringkan dengan menjemurnya sambil diangin-anginkan.
 

0 komentar:

Poskan Komentar

Text Widget

Unordered List