Sabtu, 24 November 2012

Posted by Unknown
No comments | 13.24
Kosa kata atau istilah dalam berbicara ataupun pengucapan tak lagi berdasarkan tata bahasa atau pribahasa sebagaimana mestinya kita sebagai orang Indonesia menggunakan kata-kata atau kosa kata sesuai EYD namun telah banyak diplesetin bahkan diGAULin..
Entah kenapa dan darimana datang nya istilah gaul itu saya kurang tau..tetapi yang jelas kata atau istilah gaul ini sudah cepat berambah keberbagai daerah di Indonesia,,istilah GAUL yang sering kita dengar Ciyus..?? Miapah..??sangat peka dipendengaran kita,,yang jadi pertanyaan bagi saya kenapa istilah gaul ini begitu cepat ngetrend nya..apalagi di kalangan remaja atau setara SMA dan SMP..Siapa yang membuat pertama kali dan siapa yang mempopulerkan nya saya belum tau,,tapi setelah saya dengar baca dan cari tau masih banyak lagi istilah ataupun kosa kata yang telah ngetrend..mari kita simak saja dibawah ini Realita dan Cerita gaul dibwah ini EAAAAAA...hahahahah  ikutan gaul

  • 9 Istilah Gaul di Twiter
 Katanya sih nggak gaul kalau tidak mengenal beberapa istilah di Twitter berikut ini.
1. Cukstaw
Apa sih ‘cukstaw’ itu? Beberapa kali sempat scroll timeline Twitter dan menemukan kata-kata yang lucu ini. Dan ternyata setelah beberapa kali bertanya pada teman, ternyata cukstaw adalah sebuah singkatan dari ‘cukup tahu’.
2. Bais
Jika pernah mendengar kata-kata bais yang digunakan di Twitter, ketahui saja kalau bais adalah kata slang dari habis. Kok bisa sih? Haha… entahlah siapa yang memulai kata ini, yang jelas dia sudah populer di dunia Twitter.
3. Miapah?
Membaca kata ini apa yang muncul dalam benak Anda? Awalnya sih kebayang mie goreng atau mie rebus, tetapi ternyata miapah? ini bukan bermaksud menanyakan selera makan mie. Miapah ternyata adalah singkatan dari ‘demi apa’.
4. Ciyus
Apa coba arti kata ini? Dan ternyata setelah bertanya ke kiri kanan, ciyus adalah alih kata dari serius.
5. Oretz
Coba tebak kalau oretz ini apa artinya? Ya, benar! Oretz adalah kata slang dari ‘all right’
6. Peres
Berbeda dengan arti sebenarnya yang merujuk pada memeras, ‘peres’ berarti palsu, tidak tulus, bohong
7. g2gtl
Ini bukan rumus kimia lho. G2gtl adalah singkatan dari gak gaul gitu lho
8. Woles
Woles berasal dari kata original ‘slow’ yang kemudian diplesetkan menjadi selow dan berubah menjadi woles.
9. Ubay
Ubay bukan singkatan dari bayu lho, tetapi dari u = kamu dan bay = lebay. Hahaha… bisa aja.
Bagaimana sudah tahu kan kata-kata aneh yang sering ditemui di Twitter atau social media lain? Sekarang Anda tak perlu takut dibilang tidak gaul lagi. [Vemale]

  • Istilah Gaul Lainnya
Cungguh: Sungguh?
Binun: Bingung
Akooh: Aku
Cemungudh: Semangat
Gudnyus: Good News
Masya: Masak?
Enelan: Beneran?
Lahasia: Rahasia
Macapah: Sama Siapa?
Amaca: Ah Masak?
Kiyim: Kirim
Ca oong cih: Masak Bohong Sih?
Maacih: Makasih
Macama: Macama
 

ciyus? miapa?
masalah buat lo?
terus, gue harus bilang wow gitu?
Sepintas, kata-kata seperti itu terkesan lumrah terdengar sehari-hari. status di blackberry messenger, twit, komentar di facebook serta di percakapan sehari-hari banyak yang mengucapkan kata-kata seperti itu, bahkan kata-kata seperti itu semakin dipopulerkan oleh tayangan komersial di televisi, iklan di baliho serta berbagai media lainnya.
Bagi kebanyakan orang, kata-kata seperti itu dianggap wajar dan lucu jika digunakan. Saat sedang bersantai dan bercanda dengan kawan, terkadang memang perlu ada sedikit banyolan untuk sekedar memperhangat suasana. Namun masalahnya, beberapa orang terkadang mengucapkan banyolan-banyolan seperti itu pada tempat dan saat yang tidak tepat. Yang lebih parah lagi, terkadang banyolan ini diucapkan kepada orang yang tidak tepat, seperti kepada orang yang jauh lebih tua ataupun atasan. Pada saat seperti itu, hal yang dianggap lucu bisa menjadi sesuatu yang dianggap tidak sopan, hasilnya: bisa saja berdampak fatal seperti tindak kekerasan, pemecatan, sanksi dan sebagainya.
Jika diperhatikan, semakin lama kata-kata seperti ini mulai ditirukan anak kecil dalam pembicaraannya dengan teman sebaya atau dengan orang yang lebih tua. beberapa contoh:

G:guru
M:murid

G: hari ini, salah satu teman kita kehilangan ayahnya.
M: terus gue harus bilang WOW gitu?

kira-kira kalau anda menjadi guru tersebut, bagaimana perasaan anda?
dan apa yang akan anda lakukan pada murid tersebut?

B: boss
P: pegawai

B: saya minta tolong kamu periksa data-data penjualan ini
P: ciyus ni? miapah?

bayangkan jika anda adalah boss itu

Dari dua contoh diatas, bisa dilihat bahwa pengaruh dari televisi serta pergaulan jika tidak digunakan di tempat yang tepat, akan menjadi bumerang yang kemudian menghancurkan diri sendiri.
Jadi silahkan anda pilih bagaimana cara anda bertutur kata. apakah anda akan mengikuti trend yang kurang baik atau anda mau menjadi contoh bagi orang lain?

Sedikit tambahan penjelasan makna untuk pelengkap istilah diatas,,
Ciyus?:
Makna: Bahasa imut dari “serius?”
Penggunaan: ditanyakan dengan muka paling menyebalkan. Mata melotot, kedua alis diangkat, bibir dimonyongin, lalu diucapkan dengan muka paling nyolot yang lo punya.
Miapah?
Makna: Bahasa imut dari “demi apah?”
Penggunaan: tak jarang digunakan dalam waktu bersamaan dengan ekspresi yang sama saat menggunakan kata “ciyus”. Jadinya “Ciyus??? Miapah???”
Mi Oyeng!
Makna: Bahasa imut dari Mi goreng
Penggunaan: Dipake buat ngejawab pertanyaan “Miapah?” jawabnya “Mi oyeng!”
Kepo
Makna: Pengen tau aja
Penggunaan: Dipake buat orang yang pengen tau aja.

Dari semua ini yang paling menyebalkan adalah para anak SMA itu menggunakan kata-kata di atas dalam kegiatan belajar mengajar.

Dan masih banyk lagi,,,,saya harapkan  bagi orang tua bahkan saudara2 sobat karib keluaraga  agar lebih dapat pula setidaknya ikut andil atau sedikitnya memahami istilah-istilah diatas..karena kalau kita kita mengerti dan paham mungkin saja dapat terjadi kesalahpahaman atau salah komunikasi,,khusunya bagi para Guru yang secara langsung berinteraksi setiap saat dengan para murid-muridnya yang gaul-gaul ini..semoga saja artikel saya ini dapat membantu baik itu Guru,orang tua,Keluarga,Sahabat dan Masyarakat Indonesia dan pembaca sekalian,,dan saya berharap sekali ada sedikit masukan dan saran kalau ada kekurangan dalam artikel saya ini..mohon berikan komentar yang telah disediakan dibwah ini...Terimakasih eaaaaaa,,,,

0 komentar:

Posting Komentar

Text Widget

Unordered List