Minggu, 25 November 2012

Posted by Unknown
No comments | 00.08
INFEKSI BAKTERI INTRASELULER PADA ANAK
(INTRACELLULAR BACTERIAL INFECTION IN CHILDREN)

Infeksi bakteri intraseluler pada anak mengharuskan dokter anak untuk memahami respons pejamu terhadap infeksi bakteri intraseluler pada anak, mengingat manifestasi penyakit infeksi tidak hanya ditentukan oleh patogen mikrobial namun juga oleh interaksinya dengan sistem imun pejamu. Tipe respons imun dan patogen keduanya menentukan outcome infeksi, apakah akan menjadi akut atau berkepanjangan.

-----------------------------------------------------------------------
UPAYA UNTUK MENINGKATKAN PERKEMBANGAN OTAK ANAK
(AN EFFORTS TO INCREASE CHILD’S BRAIN DEVELOPMENT)

Kualitas hidup seseorang sangat ditentukan terutama oleh proses perkembangan otak yang dimulai dari konsepsi hingga usia 3 tahun (Batita). Atas dasar tersebut perlu dilakukan upaya-upaya untuk mengembangkan potensi anak dengan meningkatkan pengetahuan mengenai perkembangan otak anak, intervensi gizi pada fase dini perkembangan otak dan stimulasi positif dengan tujuan untuk meningkatkan kematangan emosional dan intelegensi anak. Seperti pada semua perkembangan sistim organ, perkembangan otak merupakan hasil dari interaksi yang kompleks antara kode genetik yang kompleks, nutrisi dan berbagai pengalaman yang dialami anak sebelum dan setelah kelahiran.
----------------------------------------------------------------------

PENGUKURAN ANTROPOMETRI PADA
PENYIMPANGAN TUMBUH KEMBANG ANAK

(Anthropometric measurement of deviation in child growth and development)
Penyimpangan atau kelainan tumbuh kembang anak dapat terjadi apabila terdapat hambatan atau gangguan pada proses yang dipengaruhi oleh faktor genetik (nature) dan lingkungan (nurture) sejak intra uterine hingga dewasa. Pengukuran anthropometri adalah salah satu dari langkah-langkah manajemen dalam tatalaksana penanganan peyimpangan Tumbuh kembang Anak dan Remaja yang perlu difahami oleh para petugas kesehatan. Pengukuran meliputi berat badan, tinggi badan, lingkaran kepala,tebal kulit, BMI (Body mass Index) yang interpretasi dan standardnya perlu dipilih dan ditetapkan dengan benar agar dapat melakukan penilaian dan intervensi dengan tepat guna.
-----------------------------------------------------------------------

SUPPORT NUTRISI PADA ANAK SAKIT BERAT
( NUTRITIONAL SUPPORT IN CRITICALLY ILL CHILD )

Support nutrisi merupakan bagian penting dalam perawatan anak sakit berat. Penderita sakit berat mengalami stres metabolik sebanding dengan beratnya penyakit dan bila tidak mendapat penanganan yang baik dapat memberi akibat buruk terutama karena kemampuan metabolisme yang terbatas dan kebutuhan pertumbuhan anak yang cepat.
--------------------------------------------------------------------------------
TATALAKSANA TERKINI HEMOFILIA KLASIK
(RECENT ADVANCE ON HEMOPHILIA A TREATMENT)
Hemofilia A merupakan suatu kelainan genetik yang bersifat X-linked resesif. Walaupun demikian sekitar 30% tidak mempunyai riwayat keluarga, kemungkinan disebabkan karena mutasi gen spontan. Insiden diperkirakan 1 diantara 5000-10.000 laki-laki. Penyakit ini ditandai dengan tidak ada atau kurangnya kadar faktor VIII pembekuan dalam plasma sehingga mengakibatkan terjadinya perdarahan.
-----------------------------------------------------------------------

PERKEMBANGAN BARU IMUNOTERAPI
DALAM PENGOBATAN PENYAKIT ALERGI
(NEW DEVELOPMENT OF IMMUNOTHERAPY IN THE TREATMENT OF ALLERGIC DISEASES)

Imunoterapi spesifik adalah pengobatan yang diberikan untuk berbagai macam penyakit alergi yang disebabkan oleh alergen hirupan dan sengat, pengobatan ini dilakukan dengan cara pemberian ekstrak alergen untuk mencapai toleransi imun terhadap alergen yang menyebabkan gejala alergi pada pasien. Pengobatan ini efektif pada penyakit alergi derajat ringan dan yang tidak responsif terhadap terapi standar. Penelitian saat ini menunjukkan bahwa imunoterapi merubah pejalanan penyakit, dan menghambat terjadinya asma pada anak dengan rinitis alergika. Imunoterapi spesifik masih merupakan pengobatan pilihan untuk reaksi sistemik pada sengatan tawon dan lebah. Mekanisme yang jelas pada kegunaan imunoterapi masih banyak perdebatan dan perlu penelitian lebih lanjut. Efek pada Sel T regulator kelihatannya adalah yang paling mungkin, berkaitan dengan pergeseran sel B dalam produksi IgG4. Data yang ada saat ini membuktikan bahwa efek imunoterapi memerlukan waktu lama, tetapi begitu tercapai, memberikan perbaikan klinis yang berlangsung lama, sedangkan farmakoterapi, bermanfaat selagi pemberian berlangsung.Tehnik baru imunoterapi saat ini sedang dikembangkan meliputi alergen rekombinan, alergen hipoalergenik, vaksin peptida Sel T, stimulan Th1, dan anti-IgE, yang hasilnya cukup menjanjikan untuk digunakan pada penyakit alergi.
--------------------------------------------------------------------------------
GAGAL GINJAL KRONIK PADA ANAK
(CHRONIC RENAL FAILURE IN CHILDREN)

Gagal ginjal kronik (GGK) adalah suatu keadaan menurunnya laju filtrasi glomerulus (LFG) yang bersifat tidak reversibel dan terbagi dalam 4 stadium sesuai dengan jumlah nefron yang masih berfungsi. Pada anak-anak GGK dapat disebabkan oleh berbagai hal, terutama karena kelainan kongenital, glomerulonefritis, penyakit multisistem, dan lain-lain. Gejala klinis GGK merupakan manifestasi dari penurunan fungsi filtrasi glomerulus yang mengakibatkan terjadinya uremia, gangguan keseimbangan cairan-elektrolit dan asam-basa, serta gangguan fungsi endokrin berupa berkurangnya kadar eritropoietin dan vitamin D3. Penanganan GGK disesuaikan dengan tahap penurunan laju filtrasi glomerulus, yang secara prinsip dibagi menjadi terapi konservatif dan terapi pengganti ginjal (TPG). 
---------------------------------------


HYPOXIC ISCHAEMIC ENCEPHALOPHATY (ENSEFALOPATI, HIPOKSIK ISKEMIK)

Walaupun telah banyak dicapai kemajuan teknologi di bidang teknologi monitoring dan patofisiologi perinatal asfiksia pada janin dan neonatus, Ensefalopati hipoksik iskemik masih merupakan penyebab mortalitas dan morbiditas jangka panjang.
Ensefalopati hipoksik iskemik terutama di picu oleh keadaan hipoksik otak, iskemik oleh karena hipoksik sistemik dan penurunan aliran darah ke otak. Tidak terdapat terapi spesifik pada ensefalopati hipoksik iskemik.
--------------------------------------------------------------------------------
Senin, 29-September-2003 11:25 WIB
MEWARNAI GAMBAR SEBAGAI METODA PENYULUHAN UNTUK ANAK

Studi Pendahuluan Pada Program Pemulihan Anak Sakit
Reaksi anak dan keluarganya terhadap sakit dan ke rumah sakit baik untuk rawat inap maupun rawat jalan adalah dalam bentuk kecemasan, stress dan perubahan perilaku. Bentuk dari kecemasan, dapat berupa kecemasan berpisah, kehilangan control, cedera tubuh dan nyeri. Tiga fase dari kecemasan berpisah adalah fase protes, despair dan detachment/denial, yang masing-masing memberikan perubahan perilaku tertentu.(1,2)
Untuk mengatasi hal tersebut diusahakan untuk memodifikasi lingkungan rumah sakit sehingga menyerupai lingkungan di rumah, memberikan kesempatan anak sakit mendapatkan kontrol yang dapat diterima, membantu untuk rencana dan schedule pelayanan dan perawatan, dan dapat berinteraksi dengan keluarga dan dengan anak sakit yang lain.
-----------------------------------------------------------------------

DETEKSI DINI GEJALA-GEJALA HIPERAKTIFITAS PADA ANAK

Definisi hiperaktifitas oleh National Medical Series (1996) adalah suatu peningkatan aktifitas motorik hingga pada tingkatan tertentu yang menyebabkan gangguan perilaku yang terjadi, setidaknya pada dua tempat dan suasana yang berbeda.
Per definisi 'hiperaktifitas', oleh Larry B Silver. dikatakan sebagai "aktifitas anak yang tidak lazim dan cenderung berlebihan" yang ditandai dengan gangguan perasaan gelisah, selalu menggerak-gerakkan jari-jari tangan, kaki, pensil, tidak dapat duduk dengan tenang dan selalu meninggalkan tempat duduknya meskipun pada saat dimana dia seharusnya duduk degan tenang. 
  

0 komentar:

Posting Komentar

Text Widget

Unordered List